Jumat, 24 September 2010

3 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Menulis Untuk Web

Dalam bukunya, How to Write Great Copy for The Web, Donna Spencer menuliskan setidaknya ada tiga kegunaan/fungsi tulisan untuk web, tiga fungsi itu antara lain adalah untuk memberikan informasi dan membangun portofolio merek serta kegunaan yang satu lagi adalah untuk mengajak atau membujuk pembaca.

Tiga kegunaan ini bisa dimaknai sebagai tugas dari seorang penulis web atau mereka yang menyusun dan membuat konten yang akan ditampilkan atau dituliskan pada sebuah web.

Kegunaan yang pertama memberi pengertian bahwa teks atau tulisan atau konten yang ada dan disusun di web itu berfungsi untuk memberi informasi, apakah itu informasi atas layanan, produk atau jasa yang ditawarkan oleh pemilik situs atau pun informasi tentang kegiatan yang dilakuakan perusahan atau pribadi yang memiliki web.

Informasi yang diberikan haruslah jelas dan tidak membingungkan, selain itu harus juga mengarahkan pembaca pada tujuan dari si pembuat atau pemilik situs, apakah itu untuk membeli sebuah barang atau untuk menggunakan jasa dan layanan dari pemilik situs atau hanya sekedar memberikan informasi yang terperinci tentang sebuah program atau kegiatan yang dijalankan sipemilik situs.

Sedangkan kegunaan tulisan/konten di web untuk membangun portofolio memberi pengertian bahwa adakalaya pemilik situs, misalnya sebauh merek minuman mineral tertentu, mambuat web bukan untuk tujuan penjualan melainkan untuk membangun brand awareness atau membina kedekatan antara konsumen dan merek.

Fungsi web copy seperti ini tentunya bisa jadi lebih rumit, karena brand memiliki tujuan, value atau nilai tertentu yang harus bisa disampaikan dengan tidak rumit dan bertele-tele karena dalam sebuah tampilan web yang tidak mempunyai ruang untuk teks yang terlalu banyak.

Fungsi web copy untuk membangn merek bukan hanya berkaitan dengan produk tertentu, melainkan juga bisa perseorangan, misalnya pembicara seminar atau coach untuk bidang menajeman. Pendekatan yang harus dilakukan tetaplah sama, tepat sasaran, tidak bertele-tele namun memberi kejelasan atas apa yang ditawarkan dan ingin diberikan oleh si empunya situs.

Sedangkan kegunaan tulisa/konten di web yang ketiga adalah untuk mengajak atau membujuk. Fungsi web copy seperti ini biasanya dimiliki oleh situs yang bertujuan untuk menjual barang atau jasa.

Tulisan dan konten yang ada di web harus bisa secara halus dan tidak memaksa namun efektif dalam membujuk dan mengajak pengunjung atau pembaca dan membua mereka tertarik kemudian membeli produk atau layanan yang ditawarkan pada web tersebut.

Proses mengajak pada teks untuk web juga tidak tertutup hanya pada penjualan yang bertujuan untuk penjualan saja, tujuan lain yang bisa dicapai adalah misalnya arahan pada situs untuk mengikuti mailling list dan mendapatkan newsletter tertentu atau meng-add akun pemilik situs di Facebook.

Apapun fungsi atau sasaran atau tujuan dari penulis situs, kesemuanya harus disandarkan pada efektifitas, baik itu pemilihan kata, panjang pendeknya konten serta yang berhubungan dengan pembaca itu sendiri, pola baca di internet tentu sangat jauh berbeda dengan pola baca pada medium cetak, untuk itu perlu dipelajari juga bagaimana mata manusia melakukan pola baca di internet.

Namun diatas itu semua, pemilihan kata dalam tulisan yang bisa menjelaskan maksud dengan baik ada selalu ada pada posisi teratas yang harus diperhatikan oleh penulis konten atau tulisan di situs/web copy.

Sumber gambar: FreelanceAdvisor. Bahan tulisan diolah dari: Donna Spencer, How to Write Great Copy for The Web, Rockable Press 2010.
3 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Menulis Untuk WebSocialTwist Tell-a-Friend

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

creative commons

Creative Commons License
socialnomic by wiku baskoro is licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-Share Alike 3.0 Unported License.
Based on a work at socialnomic.blogspot.com.
Permissions beyond the scope of this license may be available at wikubaskoro@gmail.com.