Jumat, 04 Desember 2009

Mobile – Social – Realtime + Engage

Apa yang menarik dari perkembangan dunia internet belakangan ini?

Fred Wilson
menulis di situsnya dan menjelaskan bahwa perkembangan internet itu bisa diibaratkan sebuah segitiga emas, yang saling terhubung, berkolaborasi dan saling terkoneksi, tapi saya akan menambahkannya satu lagi dari yang Fred tuliskan, yaitu Engage, yang bisa diartikan sebagai terlibat atau keterlibatan.

Jadi ketiga bagian dari segitiga emas itu akan menjadi Mobile – Social – Realtime + Engage.

Internet pada dasarnya adalah sebuah media baru, selain berjuta informasi yang tersebar di seluruh dunia, dalam internet juga terdapat sebuah dunia baru di mana proses kolaborasi dan interaksi adalah nyawa baru dari segala sesuatu yang ada didalamnya. Percakapan, perkenalan, sharing, komentar serta keterikatan dan keterlibatan adalah perilaku yang beredar dan diikuti di internet.

Mobile: Dengan adanya iPhone serta telepon genggam canggih lain seperti Blackberry serta ponsel-ponsel Cina yang tidak kalah keren, dunia dalam genggaman kini bukan lagi mimpi, cek email, browsing, chat, social networking, GPS, dan berbagai aplikasi lain kini bisa dinikmati hanya dalam genggaman tangan, dan kesemuanya ada dalam satu device.

Social: Siapa yang tidak mau punya teman? Semua orang berlomba untuk punya paling banyak teman, mencari teman lama, sampai memajang foto terbaru untuk dikomentari oleh teman-teman mereka. Facebook, Twitter dan social apps lain menjadi nafas baru yang memberikan kesegaran pada perilaku manusia modern.

Realtime: krisis media di negara maju, dimana media cetak mengalami kemandekkan pertumbuhan kini semakin luas, meski tidak di semua negara maju, karena negara-negara Eropa terlihat lebih stabil, tapi bisa jadi salah satu pemicu jargon matinya media cetak adalah perkembangan internet, meskipun sebenarnya yang benar-benar membuat membaca berita versi cetak menjadi kurang keren adalah, hasrat manusia itu sendiri yang kini ingin selalu bergerak, dan selalu mendapatkan berita secara akurat dan terlebih real time, ini semua bisa dilakukan oleh internet, Twitter, RSS, semua aplikasi ini memudahkan para penggila berita dan informasi untuk selalu terhubung dan terkoneksi dengan berbagai berita yang mereka inginkan.

Kemudian yang terakhir: Engage atau terikat dan keterikatan. Dalam dunia internet, akan lebih baik jika blog anda punya pembaca, nilai akan bertambah jika para pembaca itu memberi komentar atas tulisan anda, dan tahap paling penting adalah berdiskusi dengan anda melalui tulisan-tulisan anda. Proses terakhir ini bisa memberikan nilai tambah karena membantu anda dalam membuat komunitas dengan dasar blog yang berarti diri anda sendiri.

Semua kendali kini ada di tangan individu masing-masing, berita apa yang akan dibaca, teman mana yang akan di add, sampai percakapan mana yang ingin diikuti, semuanya ditentukan oleh masing-masing individu.

Pertanyaannya adalah: Mobile – Social – Realtime + Engage dan semua kemajuan teknologi telah ada di depan mata, kini, siapkah kita menjadi pelaku di dalamnya?
Mobile – Social – Realtime + EngageSocialTwist Tell-a-Friend

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

creative commons

Creative Commons License
socialnomic by wiku baskoro is licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-Share Alike 3.0 Unported License.
Based on a work at socialnomic.blogspot.com.
Permissions beyond the scope of this license may be available at wikubaskoro@gmail.com.