Jumat, 27 November 2009

Menemukan Hal Inti Dari Bisnis dan Pemasaran

Setiap hari bisnis baru bermunculan, dengan berbagai jenis bentuk dan segmentasi yang juga bermacam-macam. Tapi ini bukan berarti para pebisnis rookie atau pemula tidak bisa menemukan kesuksesan dalam bisnis mereka, karena ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk keluar dari kerumunan dan bersinar.

Anda bisa menciptakan logo yang keren, tagline yang indah atau pun kebalikaan itu semua, sebuah gabungan logo yang sangat out of the box.

Tapi semua itu tidak akan bisa membuat merek dan bisnis anda keluar dari kerumunan, jika semua pesaing melakukan hal sama, jika saingan anda membuat logo yang sama atau lebih baik dengan tagline yang lebih memikat semua akan percuma dan sia-sia.

Lalu apa yang sebaiknya dilakukan bagi bisnis kecil atau menengah untuk keluar dari kerumunan persaingan dan bersinar di mata konsumen.

John jantsch dalam bukunya yang berjudul pemasaran Duch Tape, menjelaskan bahwa sebuah perencanaan pemasaran haruslah menemukan berbagai hal inti. Pemasaran bukan hanya visual logo yang bagus, bukan hanya tagline yang baik, dan bukan hanya kombinasi yang tepat dari itu semua.

Pemasaran adalah sebuah proses penemuan hal inti. Sesederhana itu.

Namun, hasil dari penemuan hal inti tidak akan sesederhana konsep. Hasil yang akan didapatkan akan membuat bisnis anda bersinar dan keluar dari kerumunan.

Hal inti adalah bagaimana anda menemukan apa yang sebenarnya anda kerjakan dan berikan pada klien anda. Jika anda adalah seorang arsitek maka arsitek seperti apa yang ingin klien anda persepsikan atas diri anda. Apakah arsitek yang tidak tepat waktu atau arsitek yang bisa menjadi sahabat dalam sebuah proyek yang saran-sarannya profesional dan tepat sasaran.

Apakah anda hanya seorang penjual buku biasa atau anda adalah seorang penjual buku terpercaya yang bisa diminta pendapatnya tentang mana buku yang sesuai dengan pembeli anda dan selalu bisa diandalkan untuk menemukan buku yang pas bagi setiap pembeli toko buku anda.

Penemuan akan hal inti tidak hanya akan membuat bisnis anda bersinar tapi ini akan sangat membantu anda dalam proses bisnis itu sendiri dan memenangi persaingan. Jika saingan anda tidak melakukan apa yang semestinya didapatkan oleh klien, jika pesaing anda tidak memberikan pelayanan seperti apa yang diinginkan klien anda, rebut kesempatan itu dan jadilah pemenang.

Apa yang diinginkan klien yang tidak dilakukan oleh pesaing anda, itulah hal inti dari bisnis anda. Temukanlah hal inti seperti itu di setiap bisnis anda dan lihatlah, bagaimana hal inti akan membuat bisnis anda bersinar dan jauh lebih bersinar dari para pesaing anda. (W)
Menemukan Hal Inti Dari Bisnis dan PemasaranSocialTwist Tell-a-Friend

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

creative commons

Creative Commons License
socialnomic by wiku baskoro is licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-Share Alike 3.0 Unported License.
Based on a work at socialnomic.blogspot.com.
Permissions beyond the scope of this license may be available at wikubaskoro@gmail.com.