Minggu, 11 September 2011

Ide aplikasi #1 - fashion app

Ini adalah seri pertama dari tema tulisan yang saya rencanakan untuk dituliskan secara rutin di blog ini. Biasanya saya menuliskan tentang media sosial atau tentang pemasaran yang menarik bagi saya. Beberapa tulisan juga mengambil tema pemasaran yang diperuntukkan bagi usaha mikro - kecil menengah.

Ok, untuk ide pertama saya harus jelaskan lebih dahulu di awal bahwa ide aplikasi ini mungkin sudah ada di market berbagai OS. Saya belum sempat melakukan penelitian menyeluruh atau sekedar melakukan cek di app store, jadi saya putuskan untuk menuliskan saja di blog ini, kalau ada yang tahu tentang aplikasi sejenis, Anda bisa memberi tahu saya atau mari kita diskusikan pada kolom komentar.

Ide adalah tentang aplikasi yang berhubungan dengan fashion. Ide ini muncul dari teman dekat saya yang menanyakan pada saya dan meminta untuk memberi usul tentang pakaian apa yang harus ia pakai keesokan harinya.

Dari sini saya berpikir bahwa akan menyenangkan jika kita bisa memfoto koleksi baju kita, disimpan dalam aplikasi di ponsel (saya berpikir iPhone atau iPod) lalu kita bisa mencocokkan berbagai kombinasi baju sebelum menentukan pilihan akan memakai baju yang mana.

Jadi misalnya kita lagi di jalan dan ingat besok akan ada acara, kita bisa mengecek koleksi baju kita, mencocokkannya dan menentukan pilihan. Nanti ketika kita sudah sampai di rumah, kita bisa langsung menyiapkan baju yang kita pilih, setelah itu kita bisa kembali mengecek di aplikasi ponsel dan mencentang jadwal pakaian tersebut telah selesai dilewati.

Saya berpikir aplikasi ini semacam gabungan antara GTD dengan aplikasi sharing foto namun untuk private. Kita bisa membuat data baju yang kita pakai, merencanakan baju apa yang akan kita pakai setelah itu mencentang rencana pakaian yang telah kita pilih.

Pada perkembangannya aplikasi ini juga bisa ditambahkan fasilitas untuk sharing bersama teman-teman yang mereka pilih, atau mungkin juga ke jejaring sosial yang telah ada. Namun tentunya masalah yang diutamakan adalah tentang privasi.

Ide fashion app ini baru sampai di sini, mungkin nanti bisa ditambahkan ketika saya mendapatkan ide tambahan, atau bagi mereka yang ingin mengembangkan aplikasi ini, saya persilahkan untuk menggunakan ide ini bagi aplikasi Anda.

Catatan: Ide yang ada di blog dapat Anda gunakan atau kembangkan, saya membebaskannya karena alasan bahwa bagi saya ide lebih baik dikembangkan, oleh siapapun, dari pada ide ini terus ada dikepala saya namun tidak dikembangkan. Ada kemugkinan juga ide ini dimiliki oleh orang lain atau mungkin telah ada aplikasinya, jadi sebaiknya tetap melakukan riset.
Ide aplikasi #1 - fashion appSocialTwist Tell-a-Friend

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

creative commons

Creative Commons License
socialnomic by wiku baskoro is licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-Share Alike 3.0 Unported License.
Based on a work at socialnomic.blogspot.com.
Permissions beyond the scope of this license may be available at wikubaskoro@gmail.com.